• Ayo!!! Tambah Wawasanmu dengan Menjelajahi rampobanua.blogspot.com!!!

    Bahaya dan Dampak Alkohol bagi Kesehatan



    Bahaya dan dampak alkohol
    Bahaya dan dampak alkohol adalah terganggunya kesehatan fisik dan psikologis.
    Walaupun demikian, tingkat metabolisme alkohol pada setiap orang berbeda-beda tergantung jenis kelamin, usia dan berat badan. Ada beberapa efek yang ditimbulkan saat mengkonsumsi minuman beralkohol, seperti sakit kepala, sakit perut, perasaan gelisah, hilangnya keseimbangan, dan tremor(gemetaran).
    Banyak dampak yang ditimbulkan oleh alkohol jika sering dikonsumsi, mulai dari yang ringan sampai yang berat. Berikut adalah dampak yang pada organ tubuh jika sudah kecanduan alkohol.
    1.       Hati
    Sesaat setelah minum alkohol, alkohol yang masuk ke dalam perut akan langsung masuk ke dalam peredaran darah melalui selaput lendir. Selanjutnya darah akan dialirkan ke otak dan di metabolisme dalam hati. Hal ini menyebabkan kerusakan pada hati, resiko terburuknya adalah peyakit kanker hati.
    2.       Jantung
    Terlalu banyak minum alkohol dalam waktu yang lama secara langsung akan memberi efek racun pada sel-sel otot jantung. Otot jantung menjadi lemah dan tidak dapat memompa darah secara efisien.
    3.       Dampak alkohol terhadap sel-sel saraf otak
    Terbentuknya blok-blok yang disebabkan rusaknya sel-sel saraf. Terganggunya susunan saraf pusat menyebabkan terganggunya fungsi motorik, daya guna motorik, kemampuan berbicara, dan pandangan mata kabur. Itulah sebabnya kenapa orang yang mabuk selalu berjalan sempoyongan. Dampak yang  lebih parah adalah peminum akan mudah terserang stroke. Dan yang paling parah adalah terjadinya kelumpuhan
    4.       Tulang
    Terjadinya osteoporosis atau tulang keropos, seseorang yang mengkonsumsi alkohol paling tidak tiga kali sehari beresiko mengalami kerusakan tulang. Kerusakan tulang mengakibatkan meningkatnya resiko patah tulang, dan memperlambat proses pemulihan tulang. Meminum alkohol berlebih menghambat pembentukan tulang yang baru, sehingga umur tulang akan terus berkurang dari hari ke hari.
    5.       Mata
    Alkohol jugaberdampak pada mata. Akibat alkohol, ketajaman penglihatan seseorang akan semakin berkurang dari hari ke hari. Ini disebabkan kerusakan pada sel saraf mata akibat sifat alkohol yang mudah melarutkan. Sesungguhnya sel-sel saraf kita dilindungi lapisan lemak. Dan ketika meminum alkohol, lapisan lemak yang melindungi sel saraf akan lerut dan sel-sel saraf mejadi rusak akibtanya.
    6.       Gangguan haid
    Wanita yang mempunyai kebiasaan minum alkohol akan mengalami gangguan saat haid. Gangguannya dapat berupa nyeri, dan kemungkinan terburuknya, ini mempercepat fase monopause. Tak heran jika wanita muda yang suka mengkonsumsi alkohol tidak bisa hamil
    7.       Gangguan kehamilan.
    Bila ibu hamil mengkonsumsi alkohol akan sangat berbahaya untuk janinnya. Biasanya wanita hamil yang mengkonsumsi alkohol mengakibatkan anaknya mengalami retardasi mental saat lahir.
    8.       Mengurangi kesuburan
    Menurut penelitian Dannis, wanita yang mengkonsumsi alkohol mengalami penurunana kesuburan. Jika konsumsi alkohol semakin sering, maka fertilitas pun akan semakin berkurang.
    Selain itu alkohol juga berdampak bagi kesehatan psikologis seseorang, untuk melihat artikelnya klik di sini.
    Sekian postingan saya kali ini. Semoga apa yang saya tulis tentang alkohol ini dapat bermanfaat. Jika diantara pembaca ada yang belum mengkonsumsi alkohol, sebaiknya jangan. Selain memboroskan uang, alkohol juga sangat mengganggu kesehatan. Jika ada yang sudah kecanduan, membaca artikel ini mungkin bermanfaat
    Jika ada pertanyaan, kritik dan saran dari pembaca, silahkan tinggalkan komentar yang membangun.

    1 komentar:

     

    Ayo Jelajahi

    Selamat menjelajahi blog saya, jangan lupa untuk meninggalkan komentar