• Ayo!!! Tambah Wawasanmu dengan Menjelajahi rampobanua.blogspot.com!!!

    Macam-Macam Minuman Beralkohol



    Apakah alkohol itu? Alkohol merupakan senyawa organik yang mengandung gugus hidroksil (-OH). Alkohol memiliki beberapa sifat diantaranya yaitu:
    Alkohol merupakan rangkaian senyawa hidroksil yang berasal dari hidrokarbon jenuh
    Alkohol tidak berwarna, mudah menguap, mudah terbakar
    Alkohol dapat dihasilkan dengan cara fermentasi gula ataupun pati
    Berdasarkan bahan baku yang digunakan, lama fermentasi, suhu, pH larutan, dikenal bebrapa macam minuman beralkohol  diantaranya, Cider, Wine, Bir, dan miras.
    1.       Cider
    Cider merupakan minuman beralkohol yang mengandung eti; alkohol dan beberapa zat lain yang tifsk membayakan. Cider umumnya dibuat dari buah apel yang difermentasi. Pengertian cider di beberapa Negara berbeda-beda, demikian pula dengan namanya. Di jerman cider disebut dengan nama apflewein, di Perancis, disebut dengan nama cidre, dan di Spanyol orang menyebutnya sidra.
    Rasa cider berbeda-beda terghantung dari kadar alkohol dan gulanya. Sesuai rasanya cider dikelompokkan menjadi empat macam, yaitu : bittersweet, bittersharp, sharp, dan sweet.
    2.       Wine(Anggur)
    Wine adalah fermentasi dari gula yang terdapat dalam buah anggur atau buah-biahan lainnya. Terdapat dua jenis wine, yaitu, red wine, dan white wine.
    Red wine dihasilkandari fermentasi anggur berwarna merah dan jingga. Warna merah pada anggur disebabkan kulit buah anggur yang mengadung zat warna merah ikut terfermentasi. Red wine juga mengadung flavonoid yang merupakan pencegah penyakit jantung koroner. Selain itu red wine juga bermanfaat menghambat platelet (sel pembeku darah) yang berperan dalam arterosklerosis.
    White wine adalkah wine yang dihasilkan dari buah anggur yang berwarna putih
    Wine adalah minuman yang berkelas, dan semakin lama proses fermentasi wine semakin baik kualitasnya
    3.       Minuman keras
    Minuman keras adalah miuman yang dihasilkan melalui penyulingan  hasil fermentasi alkohol. Minuman keras biasa juga disebut distilled liquors. Brandy dan whiskey merupakan contoh minuman keras yang kadar alkoholnya sangat tinggi.
    Semakin tinggi kadar alkohol dalam minuman keras, semakin tidak baik. merek  seperti mensen house kadar alkoholnya 43 persen, Asoka mengadung 24, 7 persen kadar alkohol,. Merek-merek tersebut adalah merek whiskey.
    Ada persamaan antara brandy dan whiskey, yaitu, brandy dan whiskey sama-sam melalui proses penyulingan. Bedanya brandy adalah hasil penyulingan anggur, sedangkan whiskey merupakan haisl penyulingan produk fermentasi campuran biji-bijian.
    4.       Bir
    5.       Bir merupakan minuman berallkohol yang dibuat dari jelai(barley). Jelai yang dipakai adalah jelai bertunas. Flavor pada bir disebabkan adanya penambahan bunga betina dan tanaman hop selama proses pembuatannya
    Minuman beralkohol tidak masalah jika dikonsumsi sesekali, namun jika sudah kecanduan dan sulit berhenti, maka minuman beralkohol berakibat fatal untuk organ-organ penting dalam tubuh. Untuk mengetahui gangguan yang ditimbulkannya klik di sini
    Dan sekian dulu postingan saya kali ini, semoga bermanfaat buat pembaca. Jangan segan untuk meninggalkan komentar jika ada kritik, saran atau pertanyaan.

    0 komentar:

    Poskan Komentar

     

    Ayo Jelajahi

    Selamat menjelajahi blog saya, jangan lupa untuk meninggalkan komentar